Pelaku UMKM ramai-ramai didorong untuk beralih ke ranah digital dan memanfaatkan teknologi dalam memasarkan usahanya.
Bisa melalui media sosial, situs pribadi, atau bergabung dalam platform e-commerce. E-commerce dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk secara lebih efektif dan luas.
Seperti yang dilakukan Linda Anggrea saat membangun Buttonscarves secara online.
Perempuan kelahiran 1991 tersebut memulai bisnisnya saat pulang umrah dan mulai berhijab. Tapi saat itu dia tidak bisa menemukan model yang sesuai keinginannya.
Akhirnya di 2016 dia mulai berjualan pattern scarf atau hijab voal motif berbahan lembut. Hijabnya laris manis dan juga diserbu oleh pembeli dari Singapura dan Malaysia.
Di salah satu e-commerce saja, produk Buttonscarves sudah terjual lebih dari 50 ribu item. Selain online, kini Linda juga sudah memiliki lebih dari 20 gerai offline di penjuru Indonesia dan Malaysia.
Belajar dari Top Seller E-Commerce di UMKM Series
Yuk, simak kisah selengkapnya dari Linda di UMKM Series Online Class episode 3, pada Jumat (30/4) pukul 14.00 WIB di YouTube kumparan.
Tidak sendiri, akan ada juga Online Business Expert Michael Sugiharto yang bakal membagikan ilmunya supaya bisa cuan jualan menyambut Lebaran.
Selain bisa dapat ilmu baru, dengan menonton episode ke-3 nanti kamu juga berkesempatan membawa pulang hadiah total Rp 1 juta, lho! Catat tanggalnya, ya, gaes!